Proposal Lokakarya

I. Latar Belakang

Untuk merealisasikan visi misi Universitas Indonesia sebagai universitas kelas dunia, peranan UI dalam pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak saja berasal dari kontribusi pengelola Universitas, lulusannya yang bermutu, akan tetapi juga dari hasil pene­litiannya di Lingkungan UI yang relevan terhadap pengembangan keilmuan dan kebutuhan pem­ba­ngunan. Hasil-hasil penelitian baik berupa paten, artikel ilmiah, teknologi tepat guna, atau buku ajar perlu disebar­luaskan kepada para dosen atau peneliti lain maupun masya­rakat pengguna, termasuk industri yang langsung dapat memanfaatkannya.

Salah satu sistem komunikasi ilmi­ah yang perlu ditingkatkan ada­lah berkala ilmiah sebagai media komunikasi ilmi­ah (publikasi) baik skala nasional, regional, dan internasional yang dapat menerima artikel ilmiah bermutu yang berasal tidak hanya dari lingkungan UI, tetapi dari luar UI. Media jurnal ilmiah tersebut yaitu Jurnal Makara yang terdiri dari empat seri yaitu, seri Sains, Teknologi, Sosial-Humaniora, dan Kesehatan.

Untuk menjaga kualitas jurnal ilmiah diperlukan suatu evaluasi atau penilaian dari badan pemberi akreditasi, yang dalam hal ini dilakukan oleh DIKTI. Jurnal Makara seri Kesehatan mendapatkan akreditasi B hingga bulan Juni 2007, dan untuk seri Teknologi, seri Sains dan seri Sosial-Humaniora juga mendapatkan akreditasi B hingga bulan November 2007. Pada akhir bulan Agustus 2007, para Pengelola Jurnal Makara kembali mengajukan akreditasi untuk penilaian berkala ilmiah tahap II. Hasil penilaian yang diperoleh sesuai SK Dirjen Dikti Depdiknas RI No.167/DIKTI/Kep/2007 untuk seri Sains mendapatkan akreditasi B, untuk seri Teknologi dan Kesehatan tidak terakreditasi, sedangkan seri Sosial-Humaniora sedang dalam proses penilaian.

Berpijak pada kegagalan akreditasi kedua jurnal ilmiah diatas, melalui instrumentasi penilaian berkala ilmiah yang disusun bersama oleh LIPI, Ikatan Penyunting Indonesia, Kantor Menteri Negara Riset dan Teknologi, serta DP2M Ditjen Dikti (SK Dirjen Dikti No. 11/DIKTI/Kep/2006, tentang Panduan Akreditasi Berkala Ilmiah), ternyata bukan hal yang mudah untuk mendapatkan akreditasi. Oleh karena itu Pengelola Jurnal perlu meningkatkan pengetahuan pengelolaan jurnal sesuai standar penilaian nasional yang meliputi 3 dimensi yang saling terkait, yaitu dimensi fisik/penampilan, dimensi manajemen, dan dimensi substansi. Sementara untuk Jurnal berkala ilmiah yang telah terakreditasi diperlukan pemeliharaaan dan peningkatan kualitas ketiga dimensi diatas.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan penataran dan lokakarya menajemen/pengelolaan berkala ilmiah secara sistematis.

II.  Tujuan Penataran dan Lokakarya

Tujuan utama penlok ini adalah meningkatkan  kemampuan        pengelola berkala ilmiah termasuk mekanisme serta segi-segi penting dalam meningkatkan mutu berkala dan proses akreditasi.

Adapun tujuan khusus kegiatan penlok ini adalah agar para peserta penataran dan lokakarya dapat :

  1. Meningkatkan pemahaman tentang kebijakan, dasar falsafah, prinsip-prinsip dan prosedur publikasi berkala ilmiah;
  2. Meningkatkan motivasi untuk dapat ikut serta meningkatkan publikasi hasil-hasil penelitian/pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk berkala ilmiah;
  3. Membangun dan memperkokoh jaringan komunikasi ilmiah antar dewan redaksi Jurnal Makara.

 

III. Metode Penataran  dan Lokakarya

Di dalam meningkatkan pemahaman pengelolaan berkala ilmiah, peserta diberi pengetahuan teoritis dan praktis tentang seluk beluk pengelolaan berkala ilmiah. Demikian pula akan diadakan diskusi untuk membahas berbagai kesulitan dalam pengelolaan Jurnal Makara. Oleh karena itu, para peserta diharapkan dapat melakukan evaluasi diri atas berkala yang dikelola dan untuk selanjutnya dapat dipakai sebagai alat untuk membuat perencanaan perbaikan mutu penerbitannya. Lebih terperinci, metode penlok adalah seperti berikut:

  1. Ceramah. Metode ini digunakan untuk memberikan pemahaman yang lengkap kepada para peserta tentang suatu topik. Dalam ceramah diuraikan kerangka materi secara lengkap, jelas, mudah dipahami, dan aplikatif. Metode ceramah dalam penlok ini diusahakan untuk menghindari pembahasan teoritis yang berlarut-larut dan lebih menekankan pada contoh-contoh kasus beserta pemecahannya. Waktu penyajian materi 45 menit, dilanjutkan dengan tanya jawab.
  2. Diskusi. Diskusi berlangsung pada sesi khusus (sesi IV), untuk mendiskusikan berbagai hambatan dalam pengelolaan Jurnal makara. Diskusi dipilih untuk lebih memberikan kesempatan kepada para peserta: membahas, mempertanyakan, menggarisbawahi, memberikan masukan, dan memperdalam materi yang diceramahkan.

IV.  Deskripsi Pokok Bahasan

Materi atau pokok bahasan penataran dan lokakarya dipilih melalui pertimbangan kebermaknaan dengan tujuan kegiatan. Selanjutnya materi tersebut akan diberikan oleh pemateri yang dipilih di antara tenaga ahli/pakar yang sudah berpengalaman dari DIKTI. Adapun rincian materi adalah sebagai berikut:

  1. Kebijakan Pengembangan Berkala Ilmiah Nasional. Kasubdit Publikasi dan Sistem Informasi DP2M-Dikti akan menyampaikan kebijakan yang telah dan akan diberlakukan sehubungan dengan upaya peningkatan mutu hasil penelitian dan diseminasinya serta akreditasi berkala ilmiah.
  2. Format. Paparan meliputi penjelasan perbedaan makna antara format dan gaya dalam kaitan dengan penampilan, keberkalaan, keajekan, penomoran terbitan, dan penomoran halaman.
  3. Teknik Penyuntingan. Dalam topik ini akan disampaikan butir-butir penting yang perlu dicermati dalam menilai suatu naskah yang akan dimuat, mulai dari penyuntingan judul artikel sampai daftar pustaka.
  4. Organisasi Penerbitan. Pokok bahasan yang disampaikan terdiri atas beberapa kiat: (a) menampung naskah dari penulis, menghimpun artikel dalam jumlah yang cukup dan berkesinambungan, (b) melaksanakan kode etik penyuntingan, mengelola naskah (c) memperoleh dana dari iklan, (d) memperluas pemasaran di kalangan perguruan tinggi, lembaga litbang, baik pemerintah, industri, swasta, serta himpunan profesi, (e) memelihara hubungan baik dengan pelanggan melalui peningkatan teknik komunikasi, (f) meningkatkan jumlah tiras dan sirkulasi, (g) meluaskan distribusi berkala dari segi geografis, dan (h) menata organisasi dan personalia sesuai dengan kebutuhan penerbitan berkala ilmiah.
  5. Pengendalian Mutu Berkala Ilmiah (Akreditasi). Meskipun Instrumen Evaluasi untuk Akreditasi Berkala Ilmiah telah dijadikan panduan oleh pengelola berkala dalam pengajuannya untuk memperoleh akreditasi, banyak butir penting yang belum dipahami. Mata acara ini dimaksudkan agar ada kesamaan persepsi mengenai setiap butir dalam instrumen evaluasi antara pengelola berkala dan evaluator, terutama instrumen yang baru.

Pelajaran Terpetik dari Kegagalan Mengakreditasi. Materi yang dikemukakan ialah hal-hal yang terabaikan oleh pengelola berkala ketika mengajukan akreditasi, mulai dari persyaratan administrasi, menjaga mutu tampilan fisik berkala, sampai pada mutu artikel yang dimuat.

  1. Diskusi dalam kelompok kecil: (a) berlatih menyunting naskah artikel, hambatan dalam manajemen pengelolaan berkala ilmiah, (b) simulasi untuk mengajukan akreditasi. Diskusi akan dikembangkan agar terbentuk persepsi yang sama antara pengelola dan penilai akreditasi dalam menerjemahkan butir-butir yang tercantum dalam Instrumen Evaluasi untuk Akreditasi Berkala Ilmiah, (c) berbagi pengalaman mengatasi hambatan dan pengelolaan berkala ilmiah, dan (d) menerima umpan balik dari fasilitator untuk meningkatkan mutu berkala.

V.  Waktu dan Tempat

Penataran dan lokakarya diselenggarakan pada Hari Kamis tanggal 31 Juli 2008, bertempat di Gedung Serbaguna Lt.3 Gedung Perpustakaan Pusat, Kampus Universitas Indonesia – Depok.

VI.  Fasilitator dan Peserta

  1. Pembicara/Fasilitator terdiri atas anggota Tim Penelaah/Evaluator Akreditasi Berkala Ilmiah Dikti.
  2. Peserta Penataran dan lokakarya aktif/penuh adalah pengelola berkala (dewan redaksi) yang terlibat dalam penerbitan Jurnal Makara.
  3. Peserta Penataran adalah pengelola berkala ilmiah (1 orang perwakilan dewan redaksi) dari masing-masing pengelola jurnal berkala ilmiah yang berada di lingkungan UI
  4. Peserta yang diundang dalam Penlok berjumlah 38 dewan editor dari setiap seri Jurnal Makara ditambah perwakilan pengelola jurnal ilmiah di lingkungan UI sebanyak 30 orang.


Daftar Hadir Pembicara

No.

Nama

Istansi

No. Telp/HP

Email

1

Prof. Dr. Suminar S. Achmadi Departemen Kimia IPB 0251 324794 ssachmadi@cbn.net.id

2

Prof. Dr. Wasmen Manalu FKH IPB 08158848829 wasmenmanalu@yahoo.com

 

Daftar Hadir Dewan Editor Seri Sains

No.

Nama

Instansi

No. Telp/HP

Email

1

Dr. Jarnuzi Gunlazuardi Dept. KimiaFMIPA UI, Depok 021-7270027 jarnuzi@ui.edu

2

Dr. rer. nat. Anja Meryandini Pusat Penelitian Sumber Daya Hayati dan BioteknologiIPB, Bogor 0811816576 ameryandini@yahoo.com

3

Prof. Dr. Djati Kerami Dept. MatematikaFMIPA UI, Depok 0811178790 djatikr@ui.edu

4

Dr. rer. nat. Evvy Kartini BATAN, Serpong 08121050401 kartini@batan.go.id

5

Dr. Drs. Terry Mart Dept. FisikaFMIPA UI, Depok 081319180361 tmart@fisika.ui.ac.id

6

Dra. Wellyzar Sjamsuridzal, M.Sc., Ph.D Dept. BiologiFMIPA UI, Depok 08881863355 sjwelly@hotmail.com

Daftar Hadir Dewan Editor Seri Teknologi

No.

Nama

Instansi

No. Telp/HP

Email

1

Dr. Ir. Ing. Misri Gozan, M.Tech Dept. Teknik Gas dan PetrokimiaFT UI, Depok

2

Dr. Ir. Haryo Dwito Armono, M.Eng Fakultas Teknologi Kelautan,ITS, Surabaya 081330459203 armono@oe.its.ac.id

3

Dr. Ir. Kalamullah Ramli, M.Eng Dept. Teknik ElektroFT UI, Depok 08569009843 k.ramli@eng.ui.ac.id

4

Dr. Ir. Mukhtasor Fakultas Teknologi KelautanITS, Surabaya 081330424224 mukhtasor@oe.its.ac.id

5

Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M.Eng Pusat Penelitian FisikaLIPI, Serpong 081381913415 nurultaufiqur@yahoo.co.jpnano_indonesia@yahoo.com

6

Prof. Dr. Ir. Ing. Raldi Artono Koestoer Dept. Teknik MesinFT UI, Depok 08161992186 koestoer@eng.ui.ac.id

7

Dra. Titiresmi A, M.Si Balai Teknologi LingkunganSerpong 021-756091908161313797 titiresmi@hotmail.com

 

Daftar Hadir Dewan Editor Seri Sosial-Humaniora

No.

Nama

Instansi

No. Telp/HP

Email

1

Dr. Ali Nina Liche Seniati, M.Si Fakultas Psikologi, UI 0816741665 liche@ui.edu

2

Prof. Adrianus Eliasta Meliala, M.Si., Ph.D FISIP, UI 0811181894 adrianus@ui.edu

3

Prof. Dr. Andreas Budihardjo Prasetya Mulya Business School 08128592751 andreasbs@pmbs.ac.id

4

Prof. Dr. Fatimah Djajasudarma Fakultas SastraUnpad, Bandung 0811225953 fatimahdj@yahoo.com

5

Prof. Dr. Yusti Probowati, Psikolog Fakultas PsikologiUniversitas Surabaya 08165434186 yprobowati@yahoo.com 

6

Avanti Fontana, Ph.D., CF, CPBC FE UI 081310182099 avanti.fontana@ui.edu

 

Daftar Hadir Dewan Editor Seri Kesehatan

No.

Nama

Instansi

No. Telp/HP

Email

1

Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc., Ph.D FKM UI 08129602420 asq69@yahoo.co.uk

2

Prof. dr. Ali Gufron, M.Sc., Ph.D UGM 0811255702 ghufron_mukti@yahoo.com

3

Prof. Dr. J. Mukono, dr., MS., MPH UNAIR,Surabaya 0811349910 mukono_j@yahoo.com

4

Dr. dr. Purwantyastuti, M.Sc., SpFK Dept. FarmakologiFK UI,Jakarta 0816713064 purwanty2703@yahoo.com

5

Prof. Dr. dr. Sudijanto Kamso, SKM Dept. Biostatistik & KependudukanFKM UI, Depok 0816814438

6

Prof. dr. Veni Hadju, M.Sc., Ph.D FKMUniv. Hassanudin, Makassar 0811441803

Daftar Hadir Pengelola Jurnal di Lingkungan UI

No.

Nama

Nama Jurnal

No. Telp/HP

Email

1

Anne Sudiar, SKM  Jurnal Kesehatan Masyarakat 08129007220 jurnalkm@ui.edu

2

Desy Kristine  Jurnal Hukum Internasional: Indonesian Journal of International LawLembaga Pengkajian Hukum Internasional FH UI, Depok

 

08567360155 lph1@ui.edu

3

Dr. Arry Yanuar Majalah Ilmu Kefarmasian 081389469141 yanuar@farmasi.ui.ac.id

4

Ati Agustina Antares, SKM The Indonesian Journal of Gastroentology, Hepatology and Digestive Endoscopy 081324308200 pbpegi@yahoo.com

5

Dahlia Sari, M.Si Jurnal Akuntansi dan KeuanganIndonesiaDepartemen Akuntansi, FE UI, Depok 08128351673 dahlia-s@ui.edu

6

Dian Triastuty, S.Sos., MM Jurnal Polisi 0816822006 jurnal_polisi@gmail.comdian_jurnal@gmail.com

7

drg. Dwi Gayatri, MPH Jurnal Kesehatan Masyarakat 08159129910 dwi.gayatri@ui.edu

8

Paramitaningrum, S.Sos Jurnal GlobalDept. HI – FISIP UI 021-7873744081586234132 paramitaningrum.sos@ui.edu

9

Nasrulloh Riyano, S.Sos Jurnal Kajian Wilayah EropaProgram Pasca Sarjana UI, Jakarta 021-91899513 n.riyano@gmail.com

10

Hayuni Rahmah, Skp., MNS Jurnal KeperawatanIndonesiaFIK UI, Depok 087877569303 hayuni@ui.edu

11

Irwansyah, MA Jurnal Thesis (FISIP) 081511911183 irw4n5@yahoo.com

12

dr. Isnaini A. Suryono, MS The Medical Journal ofIndonesia 0816790249 isnaini.azizah@ui.edu

13

Kemala Widya Paramita Teropong : Media Hukum dan Keadilan, MaPPI FH UI, Depok 081380273332 lala.ibu.peri@gmail.com

14

Dr. Marcellus Simadibrata. K, Ph.D., SpPD-KGEH The Indonesian Journal of Gastroentology, Hepatology and Digestive Endoscopy 0816920448 cgom@indosat.net.id

15

Ir. Nurhadi Wiyono, M.Si Journal of Population 021-7872911 nhwiyono@ld.feui.org

16

Riani Widiarti, M.Si Sains IndonesiaDiv. Riset dan Pengabdian Masyarakat FMIPA UI, Depok 021-77211473 rianiwid@yahoo.co.id

17

Riri Maria, SKp Jurnal KeperawatanIndonesiaFIK UI, Depok 021-98786148 riri76@ui.edukbmngga@yahoo.com

18

Riswan Efendi Tarigan, M.Kom Jurnal Sistem Informasi 021-32454617 relarigan@cs.ui.ac.id

19

Dr. Rokhmatuloh, M.Eng Jurnal GeografiDept. Geografi FMIPA UI 021-7270030 rokhmatuloh.ssi@ui.edu

20

Alin Halimatussadiah, SE., ME Jurnal Ekonomi dan Pembangunan IndonesiaKANOPI (Kajian Ekonomi dan Pembangunan Indonesia) 021-7875415 alin_halimah@yahoo.com

21

Sudiariandini. S, SKM Acta Medica IndonesiaDept. Penyakit Dalam FK UI, Jakarta 021-31903775 ijim@inaactamedica.orgpipfkui@yahoo.com

 

22

Ir. Susy A. Nataliwati, M.Si Manabu: Journal of Japanese StudiesPSJ UI, Depok 08159379883 susy_aina@yahoo.com

23

Nanharta Jurnal TeknologiFakultas Teknik UI, Depok 085694400663 hrt_nan@yahoo.com

24

Dr. Lia Damayanti, M.Biomed., SpPA Medical Journal of Indonesia 081311299227 eldamayanti@yahoo.com

25

Anik Budi Utami, S.Psi Jurnal Gifted Review 085218363811 anik_azzahra@yahoo.co.id


VII. Agenda

Rabu, 30 Juli 2008

17.00 – 18.00  Pendaftaran Peserta dan Check-in di Pusat Studi Jepang (Khusus Peserta dari luar Daerah)

19.00- 19.30    Ramah Tamah dan Makan Malam

19.30 –             Istirahat

Kamis, 31 Juli 2008

08.00 – 08.30  Registrasi

08.30 – 09.00  Pembukaan oleh Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat UI (Bachtiar Alam, Ph.D)

 

Presentasi :

 

SESI I

09.00 – 10.00  Kebijakan Pengembangan Berkala Ilmiah Nasional

Pembicara  : Prof. Dr. Suminar S. Achmadi

Moderator  : Dra. Fatma Lestari, M.Si.,Ph.D.                                                                                                          

10.00 – 10.15  Rehat Kopi

SESI II

10.15 – 11.30 Pengelolaan Jurnal

(Sumber naskah, Format, Pengembangan Gaya Selingkung, Teknik Penyuntingan dan Organisasi Penerbitan)

Pembicara  :  Prof. Dr. Wasmen Manalu

Moderator  :  Dr. Budiarso, M.Eng.                                                          

11.30 – 12.30  Pengendalian Mutu dan Pelajaran Terpetik dari kegagalan  Akreditasi

Pembicara : Prof. Dr. Suminar S. Achmadi

Moderator  : Dr. Yoki Yulizar

13.30 – 14.00  Ishoma

 

 

Diskusi Kelompok dan Pleno

14.00 – 15.30  Diskusi “Jurnal Makara”

Pembicara : Semua Fasilitator

15.30 – 16.00  Rehat Kopi

16.00 – 16.30  Pleno : Rencana Tindak Lanjut Jurnal Makara untuk Akreditasi

Pembicara : Perwakilan seri Jurnal Makara

 

16.30 – 16.45  Penutupan

Jum’at, 01 Agustus 2008

07.00               Check Out (Khusus Peserta Luar Daerah)

 

 

VIII. Kepanitiaan

Penanggung Jawab                   :  Bacthiar Alam, Ph.D

Panitia Pengarah                       :  Dr. Ir. Budiarso, M.Eng

Dr. Jarnuzi Gunlazuardi

Dr. Ing. Misri Gozan, M.Tech.

Dr. Ali Nina Liche Seniati, M.Si.

Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc., Ph.D.

Panitia Pelaksana

Ketua                                       : Dr. Yoki Yulizar

Wakil Ketua                             : Dra. Fatma Lestari, M.Si.,Ph.D.

Tirta N. Mursitama, Ph.D.

Kesekretariatan                        : AAA. Ratna Dewi, M.Si., Ak

Vera Andriyani, SKM

Wanti Wulandari, S.Si

Cucu Sukaesih

Amalia Kamilah, S.Si

Siti Muliyanti

Bendahara dan Konsumsi         : Rr.Tutik Sri Hariyati, S.Kp., MARS

Almira Gitta

Melly Riana

Acara                                       : Suharti, A.md

Dina Nur Wulandari, S.Kp

Lenny Maykel Muliawati, SKM

Krestika

Dwi Dharmaningsih, S.Kp

Dokumentasi dan Publikasi       : Ahmad Nizhami, S.Si.

M. Prabu W

Maman Suherman

Perlengkapan                            : Mukhlis Sutami, S.Pd

Sudarmadji, M.Si

Yusuf

Uraian Tugas Kepanitiaan

Penanggung Jawab

Bertanggung jawab terhadap keseluruhan kegiatan Penataran dan Lokakarya Jurnal Makara (Penlok Jurnal Makara).

 

Panitia Pengarah

Memberikan pengarahan dan memantau berlangsungnya kegiatan penlok yang akan dilaksanakan.

Ketua dan Wakil Ketua

  1. Merencanakan dan menyusun kegiatan penlok yang akan dilaksanakan
  2. Memberi pengarahan kepada anggota panitia lainnya tentang kegiatan penlok yang akan dilangsungkan
  3. Memberi masukan materi untuk penlok yang akan dilaksanakan
  4. Mengkoordinasi seluruh kegiatan penlok dengan seluruh tim kerja sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

 ● Penanggung Jawab Kesekretariatan/Registrasi/Undangan :

  1. Mengkoordinasi dan mempersiapkan surat menyurat dan pengirimannya dari persiapan sampai selesai;
  2. Mempersiapkan undangan ke pembicara untuk tiap sesi;
  3. Mempersiapkan undangan ke peserta
  4. Memastikan jumlah peserta dengan mengkonfirmasi kehadiran calon peserta dan membuat daftar peserta untuk disampaikan kepada bagian registrasi;
  5. Menyiapkan daftar peserta dan memonitor kehadiran peserta;
  6. Menyiapkan seminar kit pada hari pelaksanaan;
  7. Menyiapkan name tag;
  8. Menyiapkan segala bentuk informasi;
  9. Mengkonfirmasi kepada moderator;
  10. Menyiapkan daftar peserta;
  11. Membuat notulensi rapat;
  12. Membuat arsip kegiatan penlok
  13. Membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan penlok

● Penanggung Jawab Bendahara/Konsumsi :

  1. Menyiapkan anggaran dan permohonan pencairan dana ke pihak Dir. Keuangan UI;
  2. Menangani masalah keuangan untuk peminjaman ruang Wisma Makara
  3. Mengatur aliran dana/cashflow dana;
  4. Membuat laporan pertanggungjawaban keuangan;
  5. Memastikan dan memonitor jumlah makanan yang dipesan baik untuk unit setiap rehat maupun makan siang;
  6. Check kesiapan ruang untuk rehat dan makan siang.

● Penanggung Jawab Acara

  1. Menyiapkan acara;
  1. Menghubungi dan meminta konfirmasi pembicara;
  2. Memonitor jalannya acara;
  3. Mendampingi tamu undangan;
  4. Menyiapkan MC.

● Penanggung Jawab Dokumentasi/Publikasi

  1. Menyiapkan bahan publikasi penlok;
  2. Mencari dan mengarahkan panitia bidang dokumentasi untuk mengabadikan momen-momen penting.

● Penanggung Jawab Perlengkapan/Akomodasi

  1. Menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan dalam ruangan, seperti : LCD, Komputer/lap top, kabel gulung, sound sytem, pengaturan meja dalam ruang, timer, pointer, layar, menyiapkan meja registrasi dan perlengkapannya, dan mengatur dekorasi
  2. Menyiapkan dan membuat disain materi publikasi (backdrop, spanduk)
  3. Memasang Back-Drop dan Spanduk
  4. Mengurus ijin pemasangan ke UPT PLK UI.

IX. Sumber Dana

Sumber dana kegiatan Penataran dan Lokakarya Jurnal Berkala Ilmiah berasal dari dana RKAT DRPM UI.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 1

 

 

 

 

 

Sesi I

 

Teknik Penyuntingan Naskah Artikel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 2

 

 

 

 

 

Sesi II

 

Memburu Naskah dan Manajemen Pengolahan Naskah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 3

 

 

 

 

 

Sesi II

 

Pengembangan dan Pemapanan Gaya Selingkung

Berkala Ilmiah

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 4

 

 

 

 

 

Sesi II

 

Organisasi Penerbitan Jurnal lmiah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 5

 

 

 

 

 

Sesi III

 

Pengendalian Mutu dan Pelajaran Terpetik

dari Kegagalan Akreditasi

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 6

 

 

 

 

 

Notulensi Penataran dan Lokakarya

Jurnal Berkala Ilmiah

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 7

 

 

 

 

 

Notulensi Diskusi Jurnal Makara Seri Sains

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 8

 

 

 

 

 

Notulensi Diskusi Jurnal Makara Seri Teknologi

 

Lampiran 9

 

 

 

 

 

Notulensi Diskusi Jurnal Makara Seri Sosial-Humaniora

Lampiran 10

 

 

 

 

 

Notulensi Diskusi Jurnal Makara Seri Kesehatan

Lampiran 11

 

 

 

 

 

Notulensi Rapat Pleno Jurnal Makara

 

 

 

Lampiran 12

 

 

 

 

 

Daftar Dewan Editor Jurnal Makara

Lampiran 13

 

 

 

 

 

Daftar Pengelola Jurnal di Lingkungan UI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s