MELAKUKAN ENTRY DATA DENGAN MENGGUNAKAN KEYBOARD

MELAKUKAN ENTRY DATA DENGAN MENGGUNAKAN KEYBOARD

A. Dasar-dasar Microsoft Access

Microsoft Access merupakan salah satu program pengolah data base yang canggih yang       digunakan untuk mengolah  berbagai   jenis   data    dengan pengoperasian yang mudah

Banyak kemudahan yang akan diperoleh jika bekerja dengan microsoft Access diantara dapat melakukan proses penyortiran pengatturan data, pembuatan label data serta laporan pembuatan data kegiatan sehari-hari misalnya untuk menampung daftar pelanggan, pendataan data karyawan, dan lain sebagainya.

Sebelum mulai sebaiknya Anda persiapkan perhatian Anda dengan menarik napas dalam-dalam agar bangkit semangat Anda, mungkin pada saat ini Anda memilki         anggapan bahwa Microsoft  Access merupakan hal yang sulit dikerjakan  tetapi perkembangan komputer sedemikian rupa dan tidak sesulit bayangan Anda  itu,       bahkan Anda mungkin menemukan kemudahan- kemudahan sehingga Anda dapat melewati modul ini dengan cepat untuk melanjutkan kepokok bahasan berikutnya.

Untuk memulai microsoft Access pada dasarnya hampir sama antara Task bar Windows 95 – 2000 yaitu dimulai dengan tombol Start – All Program – Microsoft Office – Microsoft Acces 2007

Sebagai ilustrasi dapat dilihat pada gambar  berikut

Pada saat Anda  pertama kali menjalankan microsoft Access 2007 maka akan tampil kotak dialog  dimana memungkinkan Anda dapat membuat data base dengan 4 (empat) cara (alternatif) :

1.  Klik Blank Database – lalu menuliskan nama file – lalu klik Create.

2.  Klik salah satu icon pada Featured Online Templates.

3. Klik Local Templates – lalu pilih salah satu proyek kerja

4.  Membuka file yang ada : klik shortcut pada Open Recent Database, apabila file yang dimaksud tidak ada maka bisa klik More….

Melakukan update data dengan utilitas aplikasi

Get External Data

Microsft   Access   adalah   program   aplikasi   pengolahan   basis   data   yang merupakan bagian dari Microsoft Office. Paket program ini merupakan sistem manajemen database relasional untuk Microsoft Windows yang memiliki kemampuan  untuk  menyortir,  mengatur  serta  melaporkan  informasi  penting yang dibutuhkan. Dengan adanya versi yang terus diperbaharuhi  ini Access semakin dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas  penting seperti interaksi dengan Internet.

Database  Access  disimpan  ke  dalam  sebuah  file  yang  berekstensi  mdb. Sebuah file database terdiri dari bagian-bagian yaitu : Tables, Queries, Forms, Reports, Pages, Macros, dan Modules.

Tabel adalah sekumpulan data atau informasi spesifik tentang subjek tertentu yang  disusun  dalam  bentuk  kolom  dan  baris.  Tabel  merupakan  komponen utama dan pertama dari sebuah database yang harus dibuat.

Kolom atau yang lebih dikenal dengan istilah field berisi judul yang mewakili sekumpulan  baris.  Sedangkan  baris  atau  yang  lebih  dikenal  dengan  istilah record berisi  kumpulan  data  yang  memiliki  karakteristik  pengertian  yang sama. Jadi satu record mewakili  mewakili  satu data atau informasi  tentang suatu entitas subjek secara lengkap.

Micosoft Access mempunyai kemampuan untuk memindahkan isi sebuah file dari beberapa aplikasi, seperti Excel, SQL, HTML, dBASE, Paradox, Microsoft Outlook, dan sebagainya menjadi tabel dalam file mdb.Perhatikan gambar di bawah ini.

Get External Data merupakan  sebuah fungsi built-in yang sudah disediakan oleh Microsoft Access untuk mengimport data masukan. Data masukan yang harus disiapkan harus dalam bentuk tabel.

MEMAHAMI PROSEDUR PENGOPERASIAN APLIKASI

Untuk memulai microsoft Access pada dasarnya hampir sama antara Task bar Windows 95 – 2007 yaitu dimulai dengan tombol Start – All Programs – pilih MS Access 2007 .

Pada saat anda  pertama kali menjalankan microsoft Access maka akan tampil kotak dialog  dimana memungkinkan anda dapat membuat data base baru dengan dua cara

  1. Blank Database, adalah membuat proyek baru.
  2. Featured Online Templates, adalah pilihan proyek yang disediakan .
  3. Open Recent Database —> More… , adalah membuka file yang pernah disimpan.

 

MEMPERSIAPKAN APLIKASI DATA MASUKAN

A.  Data Masukan dari Excel

Menyiapkan Data Excel

Langkah-langkah

a. Membuat Aplikasi Microsoft Excel

b. Simpanlah tabel  dengan menggunakan salah satu perintah berikut

  • Dari office button klik Save dan beri nama filenya DataPenjualan.xlsx
  • Pada Toolbar desain Klik Tombol save atau tekan Kombinasi tombol Ctrl + S

c. Untuk menutup Microsoft Excel dapat menggunakan alternatif perintahnya sebagai berikut

  • Perintah Close dari office button
  • Klik Ctrl W
  • klik tombol Close
  • tekan tombol Ctrl + F4

Dalam penyiapan data masukan file Microsoft Excel yang harus diperhatikan adalah :

  • Record data yang pertama harus diletakkan pada Row pertama.
  • Penulisan Field harus menghindari tanda spasi atau tanda baca.

 

MELAKUKAN DELETE DENGAN UTILITAS APLIKASI

A.Delete field B.Delete table C.Delete coloum D.Delete row E.Delete 22.Untuk menambahkan record baru digunakan tombol…. A.Update Record B.Update Data C.Insert Row D.Insert Data E.Insert Record 23. Layout style yang terdapat dalam form wizard adalah…. A.columnar B.tabel C.data base D.field E.column 24.Pada orientation pilihan yang kita gunakan agar tampilan nantinya berdiri tegak adalah…. A.Landscape B.Diagonal C.Portrait D.Vertical E.Horizontal 25. Yang dimaksud dengan mendelete data base adalah…. A.menambah data B.menghapus data C.menghapus data D.mengganti data E.mencetak data Mengoperasikan Dasar-dasar basis data Page 44 of 50

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s