CONTOH TUGAS DRAMA BAHASA INDONESIA SLTP

TUGAS DRAMA BAHASA INDONESIA

Kelompok 5

Anggota :

  1. windy Ratna S. (05)
  2. Nadia Kumala P.          (…)
  3. Linda A.                       (…)
  4. Denta Kusuma D.         (…)
  5. Rizky S.                       (…)
  6. Abidillah A.                  (…)
  7. Agung W.                     (…)

SMP NEGERI 1

WIDODAREN

Tahun Pelajaran 2011/2012

TUGAS DRAMA BAHASA INDONESIA

 

  1. Tokoh dalam Drama :

a)      Linda A. sebagai Florita

b)      Windy L. sebagai Angel

c)      Nadia K. sebagai Avena

d)      Denta K. sebagai Farel

e)      Risky S. sebagai Rico

f)        Abidillah A. sebagai Fahri

g)      Agung W. sebagai Pak Agus

  1. Judul                            : Dua Kekasih Sepersahabatan
  2. Tema                            : Antara Cinta Dan Sahabat
  3. Tugas                           : Drama Bahasa Indonesia

Keadaan didalam kelas disaat Florita, Avena, Rafael, Fahri sedang asyik ngerumpi, dan yang lain sedang bercanda tawa. Tiba-tiba Avena berkata :

Avena                : “Eh,,eh kalian ini ya berisik banget,,! lihat ni kaya aku dan Florita diem dan ngerjain tugas, emang tugas kalian udah selesai apa”..?

Rico                   : “Masalah tugas sih aku gak perduli ven, yang penting aku happy”.

Avena                : “Emang kamu gak takut apa, sama pak Agus,? Disuruh keluar mampus loe”….!!!

Fahri                  : “ya ampuuun,,!! Aku lupa kalau ini pelajaranya Pak Agus, eh             Rit aku pinjem buku tugas mu donk”,,,!

Florita                : “Eh enak aja minjem, mikir donk”,,!!!

Fahri                  : “Ahh,,,kalau mau ceramah nanti aja, yang penting bukunya sini”,,,!!!

Fahri mengambil bukunya Florita dengan paksa.

Florita                : “Dasar loe, otak-otak udang”,,!!

Fahri                  : “Biarin”,,!!

Farel                  : “Kayak aku ni udah selesai”.

Rico dan Fahri    : “kamu kok gak bilang sih sama aku Rel”,,,??

Farel                  : “kalau aku bilang sama kamu, pasti kamu pinjem buku tugasku”.

Fahri                  : “Emang pelit kamu Rel”,,!

Rico                   : (Sambil menulis Rico berkata) “Eh kok kayak adea yang kurang ya”,,?

Farel                  : “Apa Ric yang kurang, tugasnya”?

Rico                   : “Bukan, si Angel kok belum dateng ya”.

Florita                : “Iya ya, si Angel kok belum dateng-dateng juga ya, Ven coba kamu hubungin si Angel, kenapa dia belum dateng.

Avena                : “Siap boz”,,,!! (dengan tangan hormat)

Avena                : “(sambil memegang pensilnya ia menghubungi Angel) tuuuuut,,tuuuut.. “Hallo gel, kamu dimana kok belom datang”?

Angel                 : “Aku masih dijalan Ven, tadi aku bangun kesiangan 15 menit lagi aku nyampe sana”.

Avena                : “Ohh,,ya udah, cepet keburuan bel masuk bunyi”.

Angel                 : “Iya Ven”. (Sambil menutup televonya)

Florita                : (Florita bertanya dengan rasa penasaran) “Angel dimana Ven, dia   ngomong apa”?

Avena                : “Dia masih dijalan Rit, katanya 15 menit lagi dia nyampek”.

Farel                  : (Memotong pembicaraan Vena dan Florita)

“Apa,,!! 15 menit lagi, 5 menit lagi aja bel masuk bunyi, semoga aja penjaga gerbang mengizinkan Angel masuk”.

Teeeet,,, teeet, bel tanda pelajaran segera dimulai, Pak Aguspun mulai masuk keruang kelas, pelajaran Bahasa Indonesiapun segera dimulai. Namun, Angel pun belum datang-datang juga, teman-teman Angelpun khawatir dengan Angel.

Pak Agus           : dhuuk,,dhuuk,,!!! “Diharapkan semuanya diam”,,!! (Sambil melihat bangku yang kosong)

“Lho, kenapa bangku deoan kosong, siapa yang belum datang”?

Semua siswapun hanya tunduk diam tidak berani mengangkatkan kepalanya, tiba-tiba terdengar ketukan pintu, ternyata Angel yang mengetuk pintu itu

Angel               : “Thok,,thok,,thook..Selamat pagi Pak, maaf saya telat 10 menit”.

Pak Agus         : “Angel, kamu taukan kalau pelajaran saya ada siswa yang telat apa   hukumanya”?

Angel               : “Iya Pak saya tau,

Pak Agus         : “Silahkan kamu keluar sampai pelajaran saya selesai”!!

Angel               : “Baik Pak” (dengan wajah yang murung)

Pak Agus         : “Sekarang buku tugas kalian dikumpulkan, Florita tolong Bantu mengumpulkan”!

Florita              : “Baik pak “ (sambil berjalan mengambili buku)

Farel                : (Sambil mengangkat tanganya sambil berkata) “maaf Pak buku tigas saya ketinggalan”.

Rico                 : “ lho Rel, tadikan kamu bawa bukunya”? (berbicara pelan pada Farel)

Farel                : “Aku memang sengaja bohong sama pak Agus”.

Rico                 : “Aku tau alesanya, kenapa kamu lakuin ini, pasti kamu ingin dikeluarinkan supaya bisa nemeni Angel”?

Farel                : “Iya begitulah”.

Pak Agus         : “Apa ! ketinggalan? Ketinggalan atau memang sengaja tidak mengerjakan,,?? Sekarang keluar,!!

Farel                : “Baik Pak” ( sambil melangkah keluar kelas)

(Angel yang duduk diluar samping kanan kelas tiba-tiba terkejut melihat Farel Yang berada di belakangnya).

Angel               : “lho kenapa kamu keluar Rel”?

Farel                : “Aku dikeluarkan karena aku tidak membawa buku tugas”.

(dengan menyembunyikan sesuatau).

Angel               : “kamu bohongkan Rel,? kamu sengaja bilang tidak membawa buku, Karen kamu ingin nemenin akukan”?

Farel                : “Iya Gel, aku berbohong, sebenarnya aku alas an tak bawa buku karena aku ingin nemenin kamu”.

Angel               : “Kenapa kamu lakuin itu Rel, kenapa kamu rela lakuin itu hanya gara-gara aku”?

Farel belum sempat menjawab pertanyaan Angel, tapi bel istirahatpu sudah berbunyi. Farel dan Angel masuk kedalam kelas.

Florita              : “Angel, Rel kasian sekali kalian harus menunggu 3 jam pelajaran”.

Angel               : “Ah tak apa-apa Rit” (dengan wajah murung).

Avena              : “Eh Rel, kamukan bawa buku tugasnyakan, kenapa kamu bilang tidak bawa”? (Rico menyahut pembicaraan Avena)

Rico                 : “Farel sengaja ngelakuin itu, supaya bisa nemenin Angel, masak kalian gak tau juga sih”?

Farel                : “Kalian ini bicara apa sih”? (sambil meletakan tasnya diatas bangku)

Fahri mengajak Florita, Rico, Angel, Vena, Farel untuk pergi ke kantin.

Fahri                : “Eh,,ke kantin yuk”!

Florita, Rico, Vena, Farel menerima tawaran Fahri, namun Angel menolak tawaran Fahri, lalu Farelpun berpndh kemauan setelah mengetahui Angel tidak mau.

Angel               : “Sorry semua, aku lagi gak mout:.

Farel                : “Aku juga, aku disini aja sama Angel”.

Florita              : “Wih-wih Rrl setia banget loe sama si Angel”

Farel                : “Udah-udah sana pergi” (lagak seperti mengusir)

Avena              : “Eh Rit si Farel apa suka sama si Angel sih:? (dengan wajah termenung)

Florita              : “Mana aku tau Ven, memang kenapa Ven kamu cemburu ya”?

Avena              : “Kamukna udah tau Rit”.

Florita              : “Iya,,iyaa, eh jangan-jangan si Angel juga suka sama si Farel,,wah bisa kacau nih”!!

Avena              : “Pokoknya aku gak rela kalau Angel dan Farel bersatu”!

Rico                 : “Kalian ngomongi apa sih”?

Avena              : “Ah gak apa-apa”.

Fahri                : “Ehh, si Farel hari ini  niat mau nembak si Angel loe”.

Florita dan Vena, mereka kaget, seakan-akan ada sesuatu.

Florita dan Vena : “Apa,,!! Farel mau menembak Angel”??!!

(dengan terburu-buru Avenapun pergi)

Florita              : “Ven ven tunggu aku”!!!

Vena                : “Aku gak bisa biarin ini terjadi”

Angel dan Farel bicara sama dan bersamaan.

Angel dan Farel : “ehh Gel ___ehh Rel”….

Angel               : “Hahahaha…kamu aja dulu yang ngomong”. (Farel membalas dengan senyuman)

Farel                : “Hahahaha ia dech. Eh Gel aku mau nanyam ke kamu, cowok yang kamui idam-idamkan seperti apa sich”?.

(Angel menjawab dengan malu malu)

Angel               : “Iyaa, aku mau yang baik, perhatian, cakep, romantis, setia, tinggi, putih, yaa intinya gitu dech”.

Farel                : “Seperti aku donk Angel” (cetus Farel tanpa malu)

Angel               : “Iya bisa juga”

Farel                : “kalau seandainya atau beneran, kamu mau gak jadi cewekku”? (sambil menatap Angel)

Angel               : “Sebenanya aku punya rasa yang sama ama kamu Rel, tapi aku malu tuk ungkapin…jadi aku mau jadi cewek kamu.”

Farel                : “Benarkah itu Ngel”? (dengan wajah yang senang)

Angel               : “Iya Rel”.

Farel                : “Jadi sekarang kita jadian”?

Avena memotong pembicaraan Angel dan Farel, Avena juga menarik tangan

Angel keluar kelas.

Avena              : “Eh Angel sini sebentar”!!

Angel               : “Ada apa sih Ven, kamu kok kasar banget sama aku”?

Avena              : “Kamu tega y angel sama aku”?

Angel               : “Apa sih maksud kamu, aku gak ngerti”? (dengan wajah bingung)

Avena              : “Kmu jadiankan sama Farel”?

Angel               : “Kalau aku emang jafian ama Farel emangnya kenapa Ven”? Emang apa hubungannya sama kamu”.

Avena              : “Kamu tau gak, Farel itu pacar aku, aku emang pacaran ama Farel diem-diem, karena aku gak mau anak-anak lain tau”?

Angel               : “Apa..!!! Gak mungkin, gak mungkun Ven Farel itu milik aku, kamu gak bisa ngaku-ngaku pacarnya Farel”. (Angelpun menangis).

Avena              : “kalu kamu gak percaya, Tanya aja sama Farel, dasar loe, teman makan teman, lebih baik persahabatan sampai disini saja kalau kamu masih berhubungan sama Farel”.

Angel               : “Aku tak mungkin ninggalin Farel, karena kami saling mencintai. Baik kalau iti maumu”.

Tiba-tiba Farel datang dan menghampiri Angel dan Avena.

Farel                : “Ada masalah apa sich nih”?

Avena              : “Tuch, ada orangnaya, mending kamu tanya aja langsung”.

Dengan rasa cemburu

Angel               : “Rel, apa bener kamu kekasi Avena, jawab jujur Rel”? (dengan wajah kecewa)

Farel                : “Kamu ngomong apa sich Ngel, aku gak ngerti”?

Angel               : “Ahh, kamu jujur aja sama aku Rel, kenapa kamu tega duain aku dengan sahabatku sendiri”? ( dengan suara keras dan marah)

Farel                : “Maafkan aku Ngel, maafkan aku Ven, aku duain kalian,” (dengan rasa bersalah)

Angel               : “Aku sudah tau semuanya, jadi aku gak bisa nerusin hubungan kita, baru saja kamu nembak aku, dan sekarang aku harus mutusin kamu”.

Avena              : “Aku juga gak bisa terus begini, lebih baik aku tinggalin kamu”. (dengan meninggalkan kelas)

Farel                : “Aku minta maaf kekalian”.

Florita              : “Tega ya kamu Rel, tak ku sangka kamu berbuat begini padaku, lihatlah persahabatan kita hancur gara-gara kamu”!!

Farel                : “Sekali lagi maafin aku Rit”.

Florita              : “Kau salah bila minta maaf padaku Rel, minta maaflah pada orang yang telah kau sakiti. Apa yang harus kulakukan sekarang, semua berantakan”.

Semenjak itu, hubungan persahabatan merekapun terputus dan semenjak itu  pula

Avena dan Angel bermusuhan. Farel, Florita dan teman yang lainyapun ikut membantu memperbaiki 3 persahabatan yang hancur itu. Setelah tiga bulan bermusuhan, lama kelamaan hubungan persahabatan itu membaik.

Avena              : “Kita gak bisa bermusuhan begini terus Ngel”. (dengan cetus seakan  merasa bersalah)

Angel               : “Iya Ven, kita gak bisa begini terus, tapi apabila aku minta maaf ke kamu, apa kamu mau maafin aku”?

Avena              : “Seharusnya aku Ngel yang minta maaf ke kamu, hanya karena cowok aja kita sampai bermusuhan, maafin aku ya Ngel”.

Angel               : “Iya sobat aku memafkan kamu”. (sambil memeluk Avena)

Florita              : “Horeee,,!!!! Sahabat-sahabatku kembali lagi” (cetus Rita dengan girang)

Avena, Angel, Floritapun berpelukan bersama dan mengucapkan suatu janji.

Avena              : “Kita harus buat perjanjian”.

Florita              : “Iya, bagus itu”.

Angel               : “yang isinya”

Dalam suka ataupun duka, sedih maupun senang kami berjanji akan selalu bersama-sama, tidak ada yang berharga selain persahabatan disini ada Avena disini juga ada Florita, disana ada Avena disana juga ada Florita, Disana juga ada aku (Angel).

 

Florita dan Avena : “Janji persahabatan , horee,,asyiiik”,,

Farel                : “Wah,,,wah,,,wah udah baikan ya”?

Florita, Angel, Avena mereka dengan wajah tak perduli mengalihkan pandangan ke arah lain. Semenjak saat itu juga, Florita, Angel, Avena, mereka bertiga tidak pernah mau lagi kenal sama Farel, dan Farelpun dimusuhi Fahri dan Rico. Kini Fahri telah mendapatkan kekasih baru, begitu juga dengan Rico. Yaitu, Fahri dengan Florita, dan Rico dengan Avena. Sedangkan Angel sibuk denan pelajarnnya.

 

 

 

****DAN SEKIAN SELESAI****

Tinggalkan Balasan

