DAKWAH RASULULLAH PERIODE MADINAH

TUGAS

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

DA’WAH MADINAH PERIODE RASULULLAH

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Disusun Oleh :

 

Elan dwi. H

X.G

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN PENDIDIKAN KABUPATEN NGAWI

SMA NEGERI 1 WIDODAREN

Tahun Ajaran 2010/2011

DAKWAH RASULULLAH PERIODE MADINAH

A. LATAR BELAKANG

Pada masa ke-5 sejarah dakwah rasulullah  saw di mekah, bangsa quraisyi dengan segala upaya berupaya melumpuhkan gerakan Muhammad saw. Hal ini di buktikann dengan pemboikotan terhadap bani hasyim dan bani muthalib diantaranya:

  1. Memutuskan hubungan perkawinan
  2. Memutuskann hubungan jual beli
  3. Memutuskan hubungan ziarah-menziarahi
  4. Tidak ada tolong menolong

Pemboikotan itu ditulis diata selembar sahitah yang di gantung di kakbah dan tidak akan di cabut sebelum Muhammad saw menggentikan gerakannya. Selama tiga tahun lamanya bani hasyim dan bani Mutholib menderita  kemiskina, akibat pemboikotan itu Ujian bagi rosululullah saw juga bertambah berat dengan wafatnya dua orang yang sangat dicintai yaitu pamannya ,Abu tholib  dalam usia 87 tahun dan istrinya yaitu Khotijah. Peristiwa itu terjadi pada tahun ke-10 dari masa kenabian  (620 M) dalam sejarah disebut Ammul Huzni( tahun kesedihan/ tahun duka cita).

Dengan meninggalnya  kedua tokoh tersebut Bangsa Quraisyi makin berani menggalangi Rasulullah, bahkan mereka berani melemparkan kotoran ke punggung Nabi dan beliau hampir meninggal karena ada orang yang hendak mencekiknya. Oleh karena itu Nabi dan Zaid bin Haritsah pergi hijrah ke Thaif untuk berdakwah. Nabi menjumpai kabilah Tsaqi dan mengajak mereka pada islam,  tapi ajakan itu ditolak dengan kasar, bahkan mereka pun mengusir, menyoraki, dan mengejar Rasulullah sambil melempari batu. Rasulullah sempat berlindung di bawah pohon anggur di kebun Utba dan Syaiba( anak Rabis). Walaupun terluka, Nabi tetap sabar dan ikhlas.

Ketika menghadapi ujian yang demikian berat dan tingkat perjuangan sudah berada pada puncaknya Rasulullah diperintahkan oleh Allah untuk menjalani isra’ dan mi’raj dari Makkah menuju baitul Maqdis di Palestina dan selanjutnya naik ke langit hingga Sidrotul Muntaha( QS. Al- Isra’/ 17: 1). Terjadi pada malam tanggal 17 Rajab tahun ke- 11 dari kenabian dan ditempuh dalam satu malam.

Hikmah Isra’ Mi’raj:

  1. Karunia dan keistimewaan tersendiri bagi Nabi Muhammad saw yang tidak pernah diberikan Allah kepada manusia dan nabi- nabi sebelumnya.
  2. Menambah kekuatan iman dan keyakinan beliau sebagai Rasul untuk terus menyerukan agama Allah kepada manusia.
  3. Menjadi ujian bagi kaum muslimin sendiri sejauh mana mereka beriman dan percaya kepada kejadian yang menakjubkan itu yang hanya ditempuh dalam waktu semalam.

Peristiwa ini dijadikan olok- olok oleh kaum Quraisyi dan menuduh Nabi Muhammad saw sudah gila. Meski demikian, ada orang yang beriman atau percaya  kejadian ini yaitu Abu Bakar sehingga nama beliau ditambahkan dengan gelar AS- SIDIQ.

B. HIJRAH NABI MUHAMMAD SAW KE YASTRIB(MADINAH)

Faktof-faktor yang mendorong hijrahnya Nabi Muhammad saw:

  1. Adatanda-tanda perkembangan dakwah islam yang baik di yastrib karena hal-hal berikut:
    1. Pada tahun 621M,telah datang 13 orang penduduk yastrib menemui Nabi Muhammad saw dibukit Aqobah. Mereka berikrar masuk islam kejadian tersebut dinamakan perjanjian Aqobah I.
    2. Pada tahun 622M ,mereka dating lagi sebanyak 73 orang yastrib ke mekah terdiri dari suku Aus dan Khazraj. Mereka berjanji akan membela dan mempertahankan serta melindungi Rasulullah beserta pengikutnya dan keluarganya. Perjanjian ini disebut  perjanjian Aqobah II.
  2. Adarencana pembunuhan yang dilakukan Quraisyi kesepakatan dilakukan oleh pemuka-pemuka di Darun Nadwah.
    1. Mereka khawatir  apabila Muhammad dan pengikutnya berkuasa di yastrib, pasti Muhammad akan menyarang khalifah-khalifah dagang quraisyi yang pulang pergi ke syam.
    2. Mereka akan membunuh Muhammad sebelum ia ikut pindah ke yastrib.
    3. Mereka menyusun rencana pembunuhan dengan cara seyiap suku Quraisyi mengirimkan seorang pemuda tangguh,kemudian mengepung rumah Nabi, dan membunuh di saat fajar.

Rencana tersebut di ketahui Nabi kemudian ia meminta Ali Bin Abi Tholib unuk tidur di tempat beliau. Rasulullah sendiri berkemas meninggalkan rumah,tampak kaum Quraisyi tidur lelap, beliau langsung menuju rumah Abu bakar kemudian ke Gua Tsur.

Pemuda-pemuda Quraisyi terkecoh dengan di temukannya Ali Bin Abi Tholib yang sedang tidur.mereka langsung mengejar tetapi hasilnya Nihil.mereka menyusul ke yastrib dan sampai juga di Gua Tsur tempat Rasulullah dan abu bakar bersembunyi,kejadian yang tidak biasa dimana pintu Gua  Tsur tertutup jaring laba-laba   seolah-olah tidak  pernah ada orang yang masuk ke Gua tersebut, 3 hari lamanya Beliau dan Abu Bakar bersembunyi cukup aman mereka melanjutkan perjalanan.

C. AKHIR PERIODE DAKWAH ROSULULLAH DI KOTA MAKKAH

Kurang lebih 13 tahun, beliau berjuang menyerukan islam di tengah masyarakat Mekkah dengan jihad,sabar dll,oleh bangsa Quraisy. Rasulullah singgah di Quba dan mendirikan masjid yang di namakan Quba. Tepatnya pada hari jum’at,12 rabiul awal tahun 1 hijriyah / 24 september 622M. pada hari iyu Rasulullah mengadakan sholat jum’at yang pertama kali dan berkhotbah di hadapan kaum Muhajirin dan Ansor.

Sejak itu yastrib berubah nama menjadi Madinah. Orang-orang yang pindah mendapat sebutan kaum Muhajirin artinya Pendatang. Adapun  penduduk asli disebut Ansor artinya Pembela. Kota madinah itu sendiri terdiri dua golongan yang berbeda:

  1. Golongan Arab yang berasal dari selatan yaitu suku Aus dan Khazraj
  2. Golongan Yahudi yaitu orang yang berasal dari palestina.

Peristiwa hijrah ini amat sangat penting bagi islam dan kaum muslim karena hijrah Nabi untuk mengatur strategi dalam hal mengadakan perjanjian saling membantu, baik politik, ekononi dll.

D. SUBSTANSI  DAN STRATEGI DAKWAH RASULULLAH  SAW PERIODE MADINAH

  1. Membina  masyarakat muslim melalui persaudaraan antara kaum muhajirin dan ansor.
  2. memelihara dan mempertahankan masyarakat muslim.

Diantara isi perjanjian tersebut adalah:

  1. Kebebasan beragama bagi semua golongan
  2. Semua lapisan baik yahudi maupun muslim harus saling tolong-menolong
  3. Kota madinah adalah kota suci yang wajib di hormati oleh mereka yang telah terikat dengan perjanjian
  4. Mengakui dan menaati kesatuan pimpinan untukkotamadinah yang di setujui di pegang oleh nabi muhammad saw
    1. Meletakkan dasar –dasar politik ekonomi dan social untuk masyarakat isam dengan dasar-dasar yang kokoh ini terbentuk sebuah masyarakat dan pemerintahan islam sehingga terwujud baldatun thoyyibatun warabbun ghofur yaitu suatu negara yang aman makmur dengan limpah karunia allah yang maha pengasih. Nama lain kota madinah adalah madinatul munawaroh yang berarti kota yang bercahaya.

E. HIKMAH SEJARAH DAKWAH RASULULLAH SAW PERIODE MADINAH

  1. Terjadinya persaudaran sebagaimana yang dilakukan oeh kaum muhajirin dan ansor
  2. Sikap menjaga persatuan dan saling menghormati  antar sesama  pemeluk agama.(q.s al-imran/ 3:76)
  3. Menumbuh kembangkan tolong-menolong antara yang kuat dengan yang lemah
  4. Memahami bahwa umat islam berpegangan pada aturan allah(qs.al-baqoroh/2:190)
  5. Memahami bahwa kita wajib menjalin hubungan dengan allah dan sesame manusia(qs. An- nisa’/4:36)
  6. Kita mendapat warisan yang sangat menentukan  kesempatan  baik di dunia/akherat yaitu dua pustaka al qur’an dan Al hadits.

F. SIKAP DAN PERILAKU

  1. Mencintai rasulullah dengan konsisten
  2. Mensosialisasikan sunah nabi
  3. Gemar membaca buku tentang sejarah nabi dan para sahabatnya
  4. Memelihara  silaturahmi dan rukun sesama manusia
  5. Apabila mampu mengunjungi tanah suci mekah dan madinah untuk melihat/nampak tilas perjuangan nabi dan menunaikan ibadah haji atau umrah
  6. Mempelajari dan memahami Al-qur’an dan Hadist
  7. Senang terasa berjihad di jalan allah
  8. Aktiv ikut serta dalam memperingati hari-hari besar islam
  9. Merawat dan melestarikan tempat ibadah
  10. Menekuni dan mempelajari warisan Nabi yaitu Al-Qur’an dan Sunahnya.
About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s