PROBLEMATIKA REMAJA MASA KINI

PROBLEMATIKA REMAJA MASA KINI

Oleh : Ayu ZakiyahDarojat

Apakah kamu seorang remaja?

Dan apa saja masalah yang kamu hadapi sekarang?

Aku akan menceritakan sedikit tentang masa remaja itu,

Remaja adalah sebutan bagi seorang anak yang sedang mengalami masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Banyak terjadi perubahan biologis, psikologis dan moral.Dikatakan remaja bila seorang anak berusia sekitar 10-18 tahun.

Masa remaja merupakan masa yang sangat penting untuk menumbuhkan minat, bakat dan juga untuk membentuk kepribadian seorang anak.

Masa remaja merupakan masa paling labil atau sering kita dengar dengan sebutan“ababil”. Tingkah laku dan kepribadian seseorang remaja sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, sehingga peran serta orang tua untuk selalu membimbingan anaknya selama masa remaja sangatlah diperlukan dan juga peran serta para guru di sekolah untuk selalu menanamkan nilai-nilai kebaikan dalam kehidupan di sekolah.

Remaja akan mempunyai tingkah laku dan kepribadian yang baik bila lingkungan serta orang tua selalu menanamkan nilai-nilai agama serta norma-norma masyarakat, sedangkan remaja akan terjerumus dalam pergaulan yang salah dan kehidupan yang bebas apabila lingkungan dan orang tua yang kurang mendukung untuk perkembangan anak.

Di zaman sekarang, banyak remaja yang salah dalam bergaul sehingga mereka mempunyai tingkah laku dan kepribadian yang buruk, sehingga remaja mulai merokok, minum minuman keras, terlibat narkoba , perkelahian antar remaja, tindakan kriminal bahakan pergaulan bebas.Siapa yang sudah mulai begitu??,ku harap jangan sampai terjrumus deh

Dengan kemajuan teknologi sekarang, kita dapat mengakses internet melalui ponsel atau gadgetyang dapat dilakukan oleh semua remaja sekarang dan hal tersebut dapat ikut serta membangun karakter seorang remaja,Yang sebagian besar kalian miliki.

Tentu saja apabila teknologi tersebut digunakan dengan cerdas pasti akan membentuk karakter remaja yang unggul dan mempunyai pengetahuan yang luas juga, tapi bila teknologi tersebut disalahgunakan dengan digunakan untuk mengakses gambar ataupun film yang seharusnya tidak dilihat oleh seorang remaja, sehingga dapat menimbulkan karakter yang buruk pada remaja dan dapat menimbulkan berbagai masalah sosial nantinya.

Tapi apakah mereka pernah berfikir tentang kehidupan mereka dimasa depan, mau jadi apa mereka nanti, apakah akan terus menerus tergantung dengan kekayaan orang tua sehingga mereka malas untuk belajar, apakah mereka berpikir akan jadi apa generasi penerusnya nanti bila saya berkelakuan seperti ini.

Masa remaja khususnya SMA merupakan masa yang paling vital dalam kehidupan seseorang, karena disinilah masa depan seseorang ditentukan, bagi kalian yang sedang bersekolah di SMA favorit jangan berbangga hati karena belum tentu masa depan kalian sudah terjamin, semua remaja mempunyai kesempatan yang sama untuk bisa mulai membangun masa depan mereka semua itu tergantung dari seberapa kuat usaha dan kerja keras seseorang untuk bisa berubah.

Apakah mungkin remaja yang sehari-hari hanya berfoya-foya menghabiskan uang saku dari orang tua, berpacaran dengan teman sebaya tanpa memikirkan dampak negatifnya, membuang waktu sia-sia dengan bermain tanpa sedikitpun memikirkan pelajaran sekolah akan bisa sukses nantinya.

Akan tetapi diluar sana masih banyak remaja yang lebih memikirkan masa depannya kelak daripada bermain,berpacaran dengan gaya hidup hedonis masa sekarang, mereka rela tiap hari berangkat pagi dan pulang sore untuk sekolah masih lagi mengikuti bimbingan belajar setelah itu.

Seorang remaja anak SMA seharusnya mampu berfikir langkah apa yang seharusnya dilakukan untuk bisa meraih masa depan dan citanya kelak, tidak hanya tergiur oleh kesenangan sesaat hari ini yang justru akan merusak dirinya sendiri dan mengorbankan masa depannya.

Sebagai contoh untuk masuk perguruan Tinggi terdapat berbagai jalur, melalui jalur masuk secara reguler dan melalui swadana. Untuk remaja dengan orang tua yang kaya pastilah ia tak khawatir bisa menembus Perguruan Tinggi tanpa susah payah, karena mereka mempunyai kelebihan disisi materi, namun bagi remaja dengan orang tua yang pas-pas anatau bahkan kekurangan untuk bisa meneruskan di Perguruan Tinggi dengan biaya SPP sekarang yang tinggi itu merupakan hal yang sulit dan bahkan mungkin itu hanya mimpi semata bagi mereka.

Dan keketatan untuk masuk di jurusan favorit di suatu perguruan tinggi sangatlah berat, beberapa tahun ini saja, apabila seorang anak lulusan SMA ingin melanjutkan pendidikan dan memilih Fakultas Kedokteran di suat Perguruan Tinggi, dia harus bersaing dengan 5000 anak se-Indonesia untuk memperebutkan 100 kursi di Jurusan tersebut. Juga untuk Fakultas Ekonomi Akuntansi yang peminatnya tak kalah banyak dan harus bersaing dengan ribuan anak. Sungguh hal yang luar biasa dan membanggakan orang tua pastinya apabila seorang anak mampu mengalahkan ribuan anak tersebut dan duduk di jurusan favorit tersebut.

Meski berasal dari keluarga yang kurang mampu, itu semua bukan hanya mimpi,asalkan seorang remaja mau berusaha dan  belajar keras untuk bisa mewujudkan citanya, dan menghindari pergaulan yang salah dengan teman sebayanya. Karena diluar sana yang dibutuhkan hanyalah seseorang yang mempunyai keinginan keras, pengetahuan yang luas yang mampu bersaing nantinya, bukan dari mana kita berasal dan siapa orang tua kita.

Seorang remaja haruslah pandai dalam memilih teman,karena tidak semua teman itu akan membawa kebaikan bagi kita, justru ada yang berusaha ingin menjerumuskan kita ke dalam pergaulan yang salah.

Sebagai seorang remaja kita harus mampu berfikir cerdas, mampu membaca keadaan sekarang dan merencanakan masa depan, karena masa depan kita ada di tangan kita sendiri, dan kita yang menentukan apa yang terjadi esok hari.

Kegagalan dan kesuksesan seorang remaja nantinya, ditentukan oleh berbagai faktor mulai dari dukungan serta bimbingan dari orang tua, motivasi serta pengetahuan dari guru serta sikap dari masyarakat sekitar dan yang paling penting adalah kemauan dari seorang anak tersebut untuk selalu mengembangkan diri dan berusaha untuk meraih yang lebih baik dari apa yang telah diperoleh sekarang.

“Dan sebagai seorang remaja yang baik selalu lakukan apa yang kalian bisa dengan segala potensi yang kalian punya dimanapun kalian berada, dengan hal itu kalian akan menjadi seseorang yang selalu berusaha untuk mengoptimalkan segala potensi dari diri sendiri”.

Maka dari itu kenalilah segala potensi yang ada pada diri kita sendiri dan kembangkanlah hal tersebut, dan mulai sekarang sadarlah bahwa masa depan kalian merupakan tanggung jawab pribadi dan mulai rencanakanlah dari sekarang. Karena suatu kesuksesan itu dimulai dengan proses yang panjang dan terencana.”Ku genggam impianku itu yang selalu aku jadikan pedoman!

Ayo sobat banggakan orang tua kita!OKE?

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s