DURIAN KECAMATAN NGRAMBE KABUPATEN NGAWI YANG NIKMAT

WISATA KULINER KABUPATEN NGAWI

Musim durian kali ini mampu membawa berkah tersendiri. Sebut saja salah satunya, Sumini (56), nenek 2 cucu warga Mangkleng Kec. Ngrambe ngawi, mengaku mampu mengantongi puluhan juta Rupiah dari 4 pohon Durian yang dimilikinya. Nampaknya, para petani durian cukup terobati setelah dua tahun belakangan gagal panen lantaran serangan hama.

Sepanjang pinggiran jalan Jogorogo-Ngrambe banyak dijumpai lapak sederhana dari bambu yang dipenuhi barang dagangan berupa Durian. Biasanya buah durian ini hasil dari pohon sendiri, selain pohon Rambutan. Bau menyengat khas Durian makin menjadi ketika sampai di wilayah mangkleng Ngrambe.

Jenis durian lokal khas Ngrambe memang beda dengan beberapa wilayah sekitarnya maupun hasil dari luar daerah. Dari bentuk buahnya nampak yang membedakan adalah kulit buahnya yang berduri rapat serta tajam. Selain daging buahnya tebal, aroma serta rasanyapun harum, dan ketika di kunyah masih terasa kenyal tidak lembek. Dan yang tak kalah hebatnya, satu buah rata-rata berisi 6-8 biji daging durian yang tebal dan besar.

Anang (41), warga Sragen Jawa tengah ini biasa membawa anak istrinya hanya sekedar mencicipi gurihnya durian Ngrambe. “Bulan-bulan begini saya selalu mendatangi mangkleng. Duren disini enak, Aroma nDulegnya itu lo yang Ngangeni.” Ujarnya sambil menambahkan bahwa, selain itu semua pemandangan disini masih nampak asri. “saya suka berwisata kuliner di Ngrabe.” Pungkasnya. (kun-ADV)

http://www.sinarngawi.com/2011/12/wisata-kuliner-ngawi-durian-ngrambe.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s