WISATA KEBUN TEH JAMUS KABUPATEN NGAWI

PESONA KEBUN TEH JAMUS KABUPATEN NGAWI

Salah satu pesona wisata perkebunan teh Jamus yang dikelola PT Candi Loka menawarkan eksotika tersendiri bagi pelancong. Apalagi wisata ke kebun teh Jamus yang notabene berada di kaki pegunungan Lawu memberikan kesejukan yang alami. Perkebunan teh yang didirikan pada era kolonial Belanda berlokasi di Desa Girikerto Kecamatan Sine kurang lebih 40 km dari Ngawi.

Lokasinya yang terletak pada ketinggian cukup memberikan nuansa serta sensasi yang cukup luar biasa, maklum saja kita bisa memandang hamparan alam disekelilingnya. Di tempat ini juga terdapat sumber air yang dinamakan Sumber Lanang menurut warga sekitar dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan membuat awet muda.

Kebun Teh Jamus sebagai salah satu unit perkebunan besar di Kabupaten Ngawi Propinsi Jawa Timur sudah barang tentu mempunyai andil tersendiri dalam upaya mendukung tercapainya sasaran kebijakan pemerintah Kabupaten Ngawi guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan hasil-hasil pembangunan termasuk pengentasan kemiskinan, memberikan lapangan kerja, penghasil produk eksport serta pemeliharaan sumber daya alam dan kelestarian Lingkungan Hidup. Selain itu sektor agrowisata merupakan potensi yang harus digali serta dikembangkan.

Menyadari sangat pentingnya pembangunan Kebun Teh Jamus diberbagai sektor maka pihak pengelola yakni PT. Candi Loka mengambil kebijakan khususnya sektor agrowisata benar-benar tengah digarap potensi dan pengembangannya dengan tetap mengedepankan kelestarian lingkungan hidup.

Agrowisata yang berwawasan lingkungan hidup ini sebenarnya sudah diawali tahun 1993 dengan membangun kawasan kebun dan lingkungannya tetap alami dan lestari. Langkah yang ditempuh selain pemadatan populasi teh dengan berbagai koleksi klon juga program sejuta pohon pelindung yang akhirnya mampu meraih penghargaan tingkat nasional nominasi Kalpataru tahun 2004 kategori Pembina Lingkungan Hidup pada peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tanggal 5 Juni 2004 di Istana Negara Jakarta.

Mengingat semakin padatnya kunjungan wisata ke Jamus, saat ini pengembangan sektor Agrowisata Jamus dengan berbagai fasilitas penunjang sedang dilaksanakan pembangunannya. Upaya ini tentunya membutuhkan dukungan berbagai pihak agar dapat terwujud, lebih-lebih akses jalan yang memadai menuju kawasan Agrowisata Jamus. Kondisi ini tentunya sangat berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan.

Oleh sebab itu pengelola Kebun Teh Jamus telah melebarkan jalan diarea kebun menuju tempat wisata disamping aman, kenyamanan berwisata akan dapat lebih sempurna apabila jalan pemkab di Sambirejo sampai dengan Jamus secara keseluruhan telah diperlebar dan diaspal. Selanjutnya disusunlah profil Agrowisata Jamus dimaksudkan memberikan gambaran tentang paket Agrowisata di Jamus. (tim)

http://www.sinarngawi.com/2012/03/pesona-wisata-kebun-teh-jamus.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s