KONTRAK PEMBELAJARAN PEDOMAN PEMBELAJARAN MAHASISWA BOTANI

KONTRAK PEMBELAJARAN
PEDOMAN PEMBELAJARAN MAHASISWA

BOTANI

Pengajar : Tri Yuliana, S.Si, M.Si
Fetriyuna, STP, MT
Ira Adiyati Rum, S.Si, M.Si

Semester : Genap / 2011-2012

JURUSAN TEKNOLOGI INDUSTRI PANGAN
FAKULTAS TEKNOLOGI DAN INDUSTRI PERTANIAN
UNIVERSITAS PADJADJARAN
JL. Raya Bandung – Sumedang KM 21 Jatinangor – Sumedang

1. MANFAAT MATA KULIAH
Dewasa ini pemerintah semakin menyadari banyaknya keanekaragaman tumbuhan yang bernilai ekonomi tinggi misalnya tanaman jati, kopi, teh, padi dan sebagainya. Tumbuhan yang bernilai ekonomi tinggi ini diharapkan dapat menjadi komoditas pangan unggulan. Hal ini mendorong adanya pembelajaran khusus mengenai Botani, yakni ilmu dasar mengenai tumbuhan yang mempelajari stuktur tumbuhan, keanekaragaman tumbuhan, dan klasifikasi tumbuhan. Dengan mempelajari mata kulah ini, mahasiswa akan mendapatkan gambaran mengenai keanekaragaman hayati sebagai bahan baku dalam industri pangan.

2. DESKRIPSI SINGKAT
Matakuliah ini membahas tentang jaringan dan sistem jaringan, organ vegetatif (akar, batang, daun) , organ reproduktif (bunga, buah, biji), taksonomi tumbuhan, keanekaragaman tumbuhan dan klasifikasi tumbuhan

3. TUJUAN PEMBELAJARAN

Tujuan Pembelajaran Umum (TPU)
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan dunia tumbuhan (botani ) sebagai dasar pengenalan tanaman pangan

Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK)
Setelah mengikuti kuliah dengan pokok bahasan konsep biologi, mahasiswa dapat :
1. Memahami pengertian botani, cabang ilmu botani dan peranan botani bagi kehidupan manusia (C2)
2. Menjelaskan macam-macam jaringan tumbuhan, pola tumbuh dan daerah pertumbuhan, meristem dediferensiasi sel dan sistem jaringan tumbuhan (C2)
3. Menjelaskan karakteristik fungsi, lokasi dan jenis dari meristem, jaringan dermal, jaringan pembuluh dan jaringan pengisi (C2)
4. Menunjukan fungsi, macam dan jaringan pembentuk akar (C3)
5. Menunjukkan fungsi batang , mekanisme transport air dan fotosintat, struktur jaringan batang ,system jaringan pembuluh batang, arsitektur pohon (C3)
6. Menunjukkan morfologi, struktur, fungsi , jenis-jenis, filotaksis/tataletak, bentuk-bentuk dan histologi / anatomi daun (C3)
7. Menunjukkan morfologi, struktur, fungsi, jenis-jenis dan proses pembentukan bunga serta faktor-faktor yang mempengaruhinya (C3)
8. Menunjukkan morfologi, struktur, fungsi, jenis-jenis, klasifikasi, proses pembentukan buah dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (C3)
9. Menjelaskan morfologi, struktur, fungsi, klasifikasi, proses embryogenesis dan dormansi biji (C3)
10. Membandingkan taksonomi tumbuhan meliputi sistematika tumbuhan tata nama, klasifikasi dan identifikasi tumbuhan (C4)
11. Membedakan Klasifikasi tumbuhan tingkat rendah dan tingkat tinggi
12. Menguraikan keanekaragaman hayati meliputi bioma, manfaat, dampak dan bentuk konservasi, faktor-faktor keanekaragaman tumbuhan (C5)

4. ORGANISASI MATERI

5. STRATEGI PEMBELAJARAN

Dalam perkuliahan ini akan digunakan metode ceramah, diskusi dan pengamatan lapangan sub bahasan yang telah ditentukan. Bahan perkuliahan berupa buku bacaan wajib atau berupa E-book dan buku bacaan acuan tersedia di perpustakaan . Hand out/soft copy materi perkualiahan dapat diperoleh setelah pembahasan materi.

Dalam ceramah disampaikan materi-materi yang meliputi teori yang dilengkapi ilustrasi gambar atau diagram , contoh aplikasi teori , beberapa perkembangan riset terbaru dan contoh kasus di alam. Diskusi dua arah antara pengajar dan mahasiswa dilakukan disela-sela pembahasan teori dan saat presentasi kelompok dengan tujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya, memberikan pendapat dan menyimpulkan teori . Mahasiswa yang aktif akan mendapatkan poin tertentu. Tugas individu dan kelompok akan diberikan setiap bab yang dikerjakan secara manual atau dengan komputer.

6. PUSTAKA

Pustaka yang digunakan dalam perkuliahan Botani ialah :
1. Sri Mulyani, 2006, Anatomi Tumbuhan, Penerbit Kanisius
2. Nortington David K dan Goodin ,J.R., 1984, The Botanical World, Mosby College
Publishing, New Mexico
3. Campbell, N.S.J dan Reece, 2002, Biology, jilid 2, 6th edition, Benjamin Cumming Publication. Co.Inc, San Francisco
4. Levetin, Estelle dan McMahon, Karen,1999, Plants and Society, 2nd edition, McGraw Hill, New York
5. Fahn, A. 1990, Plant Anatomy, 4th edition, Pergamon Press Toronto
6. Tjitrosoepomo, G. 1981. Taksonomi Tumbuhan (Taksonomi khusus), Penerbit Bharata
Aksara, Jakarta
7. Tjitrosoepomo, G. 2007, Morfologi Tumbuhan, Penerbit UGM Press, Yogyakarta.

7. TUGAS
1. Membaca materi perkuliahan sebelum mengikuti kuliah
2. Kuis akan diberikan tanpa atau dengan pemberitahuan sebelumnya
3. Tugas kelompok disajikan dalam bentuk pengamatan lapangan dan laporan dalam bentuk makalah
4. PR dikumpulkan sebelum pelaksanaan UTS dan UAS
5. Semua tugas harus diserahkan pada waktu yang sudah ditetapkan dan keterlambatan penyerahan tugas akan dikurangi 20% dari nilai standar

8. KRITERIA PENILAIAN
Nilai akhir mata kuliah biologi diberoleh berdasarkan komponen-komponen dengan bobot sebagai berikut :
1. Kuis 15%
2. Tugas Kelompok 15%
3. PR 10%
4. UTS 30%
5. UAS 30%
100 %
Nilai akhir (*) dikonversikan ke dalam huruf mutu dengan kriteria Penilaian Acuan Patokan (PAP) sebagai berikut :
Huruf Mutu Angka Mutu Retang/Batasan
A 4  80
B 3 68-79
C 2 56-67
D 1 45-55
E 0 < 44
T – Diberikan kepada mahasiswa yang belum menyerahkan tugas dan diberi batas waktu maksimal 2 minggu untuk menyelesaikan

9. JADWAL PERKULIAHAN
Pertemuan ke- Topik Pembahasan Pustaka
1 Kontrak Pembelajaran
Pendahuluan botani : pengertian botani, cabang ilmu botani, peranan botani
1,3
2 Jaringan tumbuhan: macam jaringan tumbuhan, pola tumbuh dan daerah pertumbuhan, meristem dediferensiasi sel, system jaringan tumbuhan 1,2
3 Sistem jaringan tumbuhan : meristem, jaringan dermal, jaringan pembuluh, jaringan pengisi 1
4 Akar : Fungsi akar, macam akar dan jaringan pembentuk akar 1,2
5 Batang : Fungsi batang, mekanisme transport air dan fotosintat, struktur jaringan batang, system jaringan pembuluh 1,3
6 Daun : definisi, morfologi, struktur, fungsi , jenis-jenis, filotaksis/tataletak, bentuk-bentuk dan histologi / anatomi daun 1,3
7 Bunga : definisi , morfologi, struktur, fungsi, jenis-jenis dan proses pembentukan bunga serta faktor-faktor yang mempengaruhinya 1,3
Pertemuan ke- Topik Pembahasan Pustaka
8 UTS
9 Buah : definisi, morfologi, struktur, fungsi, jenis-jenis, klasifikasi, proses pembentukan buah dan faktor-faktor yang mempengaruhinya
10 Biji : definisi, morfologi, struktur, fungsi, jenis-jenis, klasifikasi, embryogenesis dan dormansi 1,3
11 Taksonomi tumbuhan : tata nama dan klasifikasi tumbuhan
12 Lanjutan taksonomi tumbuhan : identifikasi 1,3
13 Klasifikasi tumbuhan tingkat rendah dan tingkat tinggi : dunia tumbuhan dan phanerogamae
14 Lanjutan Klasifikasi tumbuhan tingkat rendah dan tingkat tinggi : Cryptogamae 1,3
15 Keanekaragaman tumbuhan : sejarah, macam keanekaragaman hayati, bioma, manfaat , dampak dan bentuk konservasi , faktor-faktor keanekaragaman tumbuhan
16 UAS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s