CONTOH SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2 TEMA: KEGEMARAN

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2

TEMA: KEGEMARAN

 

Standar

Kompetensi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok dan Uraian Materi

Kegiatan Belajar

Indikator  Pencapaian Kompetensi 

Penilaian

Alokasi  Waktu

Sumber/ Bahan/ Alat

I. PKN

·         Memiliki harga diri sebagai individu

·         Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia

 

PKN

·         Menampilkan perilaku yang mencerminkan harga diri

·         Mengenal kekhasan bangsa seperti, kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan

·     Kekayaan alam Indonesia

·     Harga diri

·     Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia

·         mengatakan cara menjaga harga diri pribadi

·         mengatakan cara menjaga harga diri bangsa

·         mengasumsi sikap ramah dan santun

·         menyebutkan salah satu keunikan yang dimiliki bangsa Indonesia

·         Mengatakan cara menjaga harga diri pribadi

·         Mengatakan cara menjaga harga diri bangsa

·         Mengasumsi sikap ramah dan santun

·         Menyebutkan salah satu keunikan yang dimiliki bangsa Indonesia

Teknik Tes

o        Tes dan non tes

Bentuk Tes

o        Lisan :

o        Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat

o        Ketepatan menjawab

o        Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan

o        Tertulis :

o        Isian

o        Pilihan Ganda

o        Uraian

o        Tes perbuatan

o        Instrumen Tes

o         LKS

o        Lembar observasi

 

3 minggu

o      Buku Pendidikan Kewargaanegaraan

o      Buku IPA

o      Buku Matematika

o      Buku Bahasa Indonesia

o      Buku IPS

o      Ensiklopedia

o      Kamus Bahasa Indonesia

o      Pedoman EYD

o      Koran dan Majalah

o      Media elektronik

II.    IPS

2.     Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang

 

IPS

·         Memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah

·     Jenis-jenis pekerjaan

·     Semangat kerja

·     Jual beli

·     Uang

·     Pengelolaan uang

·       menyebutkan pengertian pembeli

·       menyebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membeli satu barang

·         menyebutkan nama-nama pasar yang ada di lingkungan rumah masing-masing

·         Menyebutkan pengertian pembeli

·         Menyebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membeli satu barang

·         Menyebutkan nama-nama pasar yang ada di lingkungan rumah masing-masing

III.   IPA

Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam

 

IPA

·         Mendiskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan

·     Energi

·     Gerak benda

·     Kenampakan permukaan bumi

·     Cuaca

·     Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan

·     Kelestarikan dan pemeliharaan alam

·       mengidentifikasi berbagai bentuk permukaaan bumi (daratan dan sebaran air)

·       menjelaskan melalui pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air

·         menyimpulkan melalui pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak datar tetapi bulat pipih

·       Mengidentifikasi berbagai bentuk permukaaan bumi (daratan dan sebaran air)

·       Menjelaskan melalui pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air

·         Menyimpulkan melalui pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak datar tetapi bulat pipih

 

 

 

IV.   Matematika

Geometri dan Pengukuran

Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana

Matematika

·         Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana.

·         Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsur

·     Pecahan

·     Bangun datar

·     Sudur

·     Persegi dan persegi panjang

·         menjelaskan sudut sebagai jarak putar

·         membuat sudut satu, setengah, seperempat putaran

·       membangun bangun datar sesuai dengan sifat- sifatnya

·         menghitung keliling datar dengan menjumlahkan semua sisinya

·       menghitung keliling bangun persegi

·         menghitung keliling bangun persegi panjang

§      Menjelaskan sudut sebagai jarak putar

·       Membuat sudut satu, setengah, seperempat putaran

·       Membangun bangun datar sesuai dengan sifat- sifatnya

·         Menghitung keliling datar dengan menjumlahkan semua sisinya

·         Menghitung keliling bangun persegi

·         Menghitung keliling bangun persegi panjang

V.    Bahasa Indonesia

Mendengarkan

5.     Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan

Berbicara

6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita

Membaca

7.     Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi

Menulis

8.     Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi

·         Bahasa Indonesia Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya

·         Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar

·         Menjawab dan mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif

·         Membaca puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.

·         Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri, menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik

·     Menanggapi cerita

·     Menirukan dialog

·     Menceritakan peristiwa

·     Percakapan

·     Menjawab pertanyaan

·     Menulis karangan

·       memberikan tanggapan terhadap watak tokoh

·       menanggapi pengalaman teman

·       melakukan percakapan dengan teman dari teks drama yang dibacakan guru

·       menjelaskan denah berdasarkan petunjuk

·       menceritakan kembali peristiwa kecelakaan yang dilihat dan dialami siswa

·       membacakan cerita dengan isi teks agak panjang

·       membaca puisi

·       menjawab pertanyaan yang diajukan tentang puisi yang dibacanya

·         mengamati dan mengurutkan gambar

·         menggunakan tanda hubung (-) untuk menulis kata ulang

·         membuat kalimat yang di dalamnya terdapat kata ulang

·       menulis tegak bersambung

·       membuat karangan sederhana

·         menggunakan tanda koma (,) untuk menandai tempat dan tanggal lahir yang ditulis berurutan

·         Memberikan tanggapan terhadap watak tokoh

·         Menanggapi pengalaman teman

·         Melakukan percakapan dengan teman dari teks drama yang dibacakan guru

·         Menjelaskan denah berdasarkan petunjuk

·         Menceritakan kembali peristiwa kecelakaan yang dilihat dan dialami siswa

·         Membacakan cerita dengan isi teks agak panjang

·         Membaca puisi

·         Menjawab pertanyaan yang diajukan tentang puisi yang dibacanya

·         Mengamati dan mengurutkan gambar

·         Menggunakan tanda hubung (-) untuk menulis kata ulang

·         Membuat kalimat yang di dalamnya terdapat kata ulang

·         Menulis tegak bersambung

·         Membuat karangan sederhana

·         Menggunakan tanda koma (,) untuk menandai tempat dan tanggal lahir yang ditulis berurutan

 

 

 

v      Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

Kerja sama ( Cooperation )

Toleransi ( Tolerance )

Percaya diri ( Confidence )

Keberanian ( Bravery )

 

 

 

 

  • Mengetahui
  • Kepala Sekolah SD/MI …….
  •  
  •  
  •  
  • ( ………………..………… )
  • NIP/NIK : …………………
  •  
  • ………., ………………… 20…        
  • Guru Tematik Kelas III
  •  
  •  
  •  
  • ( …………………………… )
  • NIP/NIK : …………………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s