TAHAP-TAHAP PENGOLAHAN DAUN TEH

TAHAP PENGOLAHAN TEH

  1. Tahap Pertama Pemetikan

Pemetikan teh tidak asal memetik harus dengan baik dan benar dipetik antara 3-5 cm ada 2 macam teh yaitu teh jenis teh ijo harus  3 daun dan teh jenis biasa/campuran yang bias dipetik. Setelah itu pupus te dibeber agar tidak layu dan busuk sambil dibalik tiap jamnya.

  1. Tahap Kedua Pelayuan(Reller)

Mesin roller terdiri dari dua bagian yaitu conflyer dan honk. Teh dimasukkan ke mesin  conflyer dan jatuh ke honk. Dipanaskan antara suhu 1050 ­– 1300  C agar mengalami penguapan atau kandungan air dalam teh dapat terkurang sehingga teh menjadi layu.

  1. Tahap Ketiga Tahap Giling

Setelah proses pelayuan pupus

didinginkan tujuannya agar mengurangi fermentasi, lalu pupus dimasukan ke mesin giling dalam waktu ± 10-20 menit dengan keadaan teh menggulung, sehabis itu teh dikeuarkan dari mesin giling dan dibawa ke mesin doker.

  1. Tahap Doker

Teh yang dari mesin giling dimasukkan ke mesin doker dengan suhu ± 1150-1400 bertujuan untuk air yang dikandung didalam daun teh tersebut hilang sehingga dapat diolah dengan sempurna kemudian dibawa di mesin ripiy (pengeringan).

  1. Tahap Pengeringan (Ripit)

Teh yang dicari mesin doker kemudian dibawa kemesin ripit untuk dikeringkan ± antara 1-2 jam pengeringan. Setelah pengeringan selesai dibeberkan agar daun teh dingin kembali, kemudia teh dibawa dan dimasukan kedalam mesin balltea.

  1. Tahap Ball Tea

Tahap ini adalah tahap yang paling akhir pengolahan atau proses terakhir. Teh yang sudah diproses dari mesin  ball tea ini lalu dibawa ke proses  atau tahap pemilihan (sortir).

  1. Tahap Pemilihan (Sortir)

Teh yang sudah diproses dari tahap-tahap yang ada lalu dipilih atau disortir untuk mengetahui mana teh yang bagus digunakan dan mana teh yang rusak atau teh tidak dapat digunakan untuk konsumsi dan teh dipoles ± antara 1-2 jam lalu di kemas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s