TULANG RAWAN DAN TULANG KERAS

Memuat…

TULANG RAWAN DAN TULANG KERAS

a. Tulang Rawan :
• Tulang rawan hanya mengandung sedikit zat kapur sehingga lunak.
• Tulang rawan terdapat pada bayi, dan bagian-bagian tertentu pada kerangka dewasa.

b. Tulang Keras :
Merupakan bagian utama pada kerangka dewasa. Susunanya terdiri dari sedikit sel-sel, dan matriknya diperkuat dengan zat kapur, sehingga kuat dan keras. Berdasarkan strukturnya, tulang keras dibedakan menjadi tulang kompak(padat) dan tulang spons. Sedangkan berdasarkan bentuknya dibedakan menjadi tulang pipih, tulang pendek, dan tulang panjang.
• Rongga di dalam tulang berisi sumsum tulang ada 2 macam yaitu sumsum kering dan sumsum merah.
• Pertumbuhan tulang terjadi pada tulang rawan embrional dan kemudian pada cakra epifise.

tentu saja bisa. bayi yang baru lahir itu umumnya terdiri dari tulang rawan contoh: yg di batok kepala sehingga batok kepala bayi yg baru lahir tidak boleh dipegang/ditekan… seiring dengan berjalannya waktu, itu tulang rawan akan berubah menjadi keras karena ada penyatuan beberapa bagian tulang tersebut.. akan tetapi ada beberapa bagian yang tidak akan berubah menjadi keras seperti tulang yg di bagian daun telinga..

Tulang rawan atau yang di sebut juga kartilago terdiri atas sel sel kartilago dan matriks ekstraseluler. sel sel kartilago atau yang disebut juga kondrosit berfungsi untuk membentuk dan menyekresikan matriks ekstraseluler dan sel sel mereka sendiri. kondrosit terletak di dalam rongga matriks yang disebut lakuna. kartilago dibungkus oleh suatu selaput yang di sebut perikondrium. kartilago banyak di temukan pada bagian ujung tulang keras, cuping hidung, telinga, persendian dan vertebrata.

Tulang keras atau yang di sebut juga osteon merupakan jaringan ikat yang paling kuat. di susun oleh 30% matriks tulang yang tersusun dari materi materi organik(berupa serat kalogen) dan 70% garam garam anorganik, terutama berupa garamkalsium(misalnya, kalsium fosfat dan kalsium karbonat). kandungan garam garam anorganik yang demikaian yang dapat menyebabkan tulang menjadi keras sehingga dapat berfungsi sebagai penyokong tubuh kita. tulang keras terdapat di tulang pipa, tulang hasta, tulang beakang dan lain lain.

  1. Ya, terjadi perubahan kelenturan setelah direndam larutan HCl. Karena
    HCl + Ca –> CaCl2 + H2, Jadi, kalsium pada tulang semakin sedikit karena larut dalam asam, maka pada kondisi tertentu, tulang akan menjadi lentur/lunak karena komposisi Ca pada tulang sudah menurun drastis.

1. Apakah terjadi perubahan kelenturan pada tulang sesudah direndam larutan HCl? Mengapa?
2. Tuliskan struktur tulang keras dengan tulang rawan!
3. Tuliskan bagian tubuh manusia yang berupa tulang keras! Sebutkan pula bagian tubuh manusia yang berupa tulang rawan!
4. Apakah tulang rawan dapat berubah menjadi tulang keras! Jelaskan!
IX. Jawaban
1. Ya, terjadi perubahan kelenturan setelah direndam larutan HCl. Karena
HCl + Ca –> CaCl2 + H2,
Jadi, kalsium pada tulang semakin sedikit karena larut dalam asam, maka pada kondisi tertentu, tulang akan menjadi lentur/lunak karena komposisi Ca pada tulang sudah menurun drastis.
2. #Struktur tulang keras:
Susunanya terdiri dari sedikit sel-sel, dan matriknya diperkuat dengan zat kapur,
#struktur tulang rawan
tidak mengandung pembuluh darah dan saraf kecuali lapisan luarnya (perikondrium).Tulang rawan memiliki sifat lentur karena tulang rawan tersusun atas zat interseluler yang berbentuk jelly yaitu condroithin sulfat yang didalamnya terdapat serabut kolagen dan elastin.Maka dari itu tulang rawan bersifat lentur dan lebih kuat dibandingkan dengan jaringan ikat biasa.
Pada zat interseluler tersebut juga terdapat rongga-rongga yang disebut lacuna yang berisi sel tulang rawan yaitu chondrosit.
3. *Letak Tulang keras:
Letak Pada rangka orang dewasa yang semua bagian tulangnya telah osifikasi.
*Letak Tulang rawan:
Pada semua bagian rangka bayi, pada persendian orang dewasa.
4. Ya dapat berubah.
pada saat masih bayi, semua tulang manusia tersusun atas tulang rawan. Tulang rawan itu kemudian mengalami proses Osifikasi, yaitu proses pembentukan tulang dari tulang rawan menjadi tulang keras. Tetepi tulang rawan yang terdapat pada manusia dewasa tidak dapat berkembang lagi menjadi tulang keras, seperti tulang yang berada di persendian.

3 thoughts on “TULANG RAWAN DAN TULANG KERAS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s