KARYA ILMIAH PETERNAKAN BEBEK

KARYA ILMIAH

PETERNAKAN BEBEK

Disusun Oleh :

  1. RIMBA YUNITA
  2. SUMIATIK
  3. EVA MARGARINI
  4. MONITA KRISDIANA

DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMA NEGERI 1 NGRAMBE

TAHUN AJARAN 2010-2011

KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan puji styukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat, taufik dan hidayah-Nya, sehingga penyusun dapat menyelesaikan Karya Ilmiah ini dengan baik.

Dalam penulisan karya ilmiah ini penyusun memberi judul “ PETERNAKAN BEBEK “. Adapun tujuan dari studi ini yaitu untuk mempelajari proses beternak bebek. Disamping itu sebagai syarat untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia.

Dengan terselesaikan karya ilmiah ini penyusun ingin mengucapkan terimakasih kepada :

  1. Bapak Heru Yudi Purwanto selaku kepala SMAN I Ngrambe
  2. Bapak Agus Susilo Hadi selaku Pembimbing dan Guru Bahasa Indonesia
  3. Semua pihak dan teman-teman yang membantu terselesainya Karya Ilmiah ini

Penyusun menyadari bahwa dalam menyusun Karya Ilmiah ini masih banyak kekurangan. Maka dari itu penyusun sangat mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun agar lebih sempurna karya ilmiah ini.

Dengan demikian penyusun berharap mudah mudahan karya ilmiah ini dapat bermanfaat.

Ngrambe,         Mei 2011

Penyusun

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Usaha peternakan bebek saat ini sudah menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia. Dalam usaha ini peternak dapat meraup untung yang cukup besar. Permintaan masyarakat terhadap telur bebek cukup melonjak. Harga telur bebek per butir pun cukup mahal dari telur ayam.

Dalam kehidupan sehari hari bebek sendiri dapat dimanfaatkan seperti, telur, daging, bulu, dan kotorannya. Proses pemeliharaan bebek tidak terlalu sulit untuk dikerjakan. Usaha ini sudah banyak dikembangkan di berbagai Desa. Pada umumnya orang yang mengelola usaha ternak bebek akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

  1. Rumusan Masalah

Berdasarakan latar belakang diatas masalah yang kan penulis bahas adalah :

  1. Bagaimana proses beternak bebek dan cara pemeliharaan bebek tersebut ?.
  2. Apa sajakah makanan yang dibutuhkan bebek ?.
  3. Apa masalah yang dialami peternak dalam beternak bebek ?.
  4. Penyakit apa sajakah yang dapat menyerang bebek ?.
  5. Tujuan Penulisan

Tujuan yang ingin penulis capai adalah agar kita semua dapat mengetahui :

  1. Proses beternak bebek dan cara pemeliharaan bebek
  2. Makanan yang dibutuhkan bebek
  3. Masalah yang dialami peternak saat beternak bebek
  4. Macam-macam penyakit yang menyerang pada bebek

BAB II

ISI

  1. Proses Beternak Bebek Dan Cara Pemeliharaan Bebek

Bebek adalah jenis unggas yang dipelihara oleh manusia, bebek adalah hewan yang penurut dan mudah untuk dipelihara.

Cara pemeliharaan bebek tidak terlalu sulit. Pada pagi hari bebek harus dikeluarkan dari kandang untuk mengambil telur dari bebek dan kemudian kandang dibersihkan.

Bebek mandi sekitar dua kali sehari ataupun satu kali sehari. Bebek dimandikan setelah bebek digembala di sawah kemudian bebek dibawa ke sungai untuk mandi pada pagi dan sore hari.

Pemberian makan pada bebek cukup 2 kali sehari pada pagi menjelang siang hari dan pada sore hari. Pada malam hari bebek perlu penyinaran agar bebek tidak stres. Bebek tidak bisa tenang kalau dalam keadaan gelap. Pada saat beternak bebek diharapkan terhindar dari keadaan gaduh, misalkan lokasi tidak berdekatan dengan bandara, lapangan, jalan raya, dan keramaian.

Dalam teknik beternak bebek lokasi dan lingkungan perkandangan yang akan ditempati hendaknya terlebih dahulu ditentukan sebelum membuka usaha berternak. Tempat ini boleh terlindungi pepohonan, boleh juga terbuka dan setiap hari harus menerima panas matahari.

Pembuatan kandang hendaknya tidak selalu diartikan selalu menggunakan bahan-bahan yang mahal dan modern. Menurut pengalaman yang paling murah tetapi kuat untuk kandang bebek yaitu bambu yang cukup kuat.

Sedangkan lantai kandang boleh berupa tanah bisa yang disemen. Diberi anyaman bambu atau diberi hamparan batu. Hanya saja lantai yang terlindungi atap sebaiknya diberi alas jerami sekam, serbuk gergaji, ataupun bahan liter lainnya.

  1. Makanan Yang Dibutuhkan Oleh Bebek

Makanan bebek dibedakan sesuai dengan umur bebek. Makanan harus kita berdakan menjadi 3 macam, yang pertama untuk anak bebek makanannya kita sebut dengan makan jenis Starter, kedua adalah jenis Grower untuk makanan bebek dara, sedangkan ketiga untuk bebek dewasa makanannya dikenal dengan jenis Layer.

Pada umumnya bebek diberi makan bekatul untuk makanan utamanya dan makanan tambahannya adalah cacing, padi, limbah pabrik, dan lain-lain.

  1. Masalah Yang Dialami Peternak Dalam Beternak Bebek

Dalam proses beternak bebek adapun masalah yang dialami dalam memelihara bebek diantaranya bebek akan berhenti bertelur kalau bebek dalam keadaan stres. Jadi itu mengurangi produksi telur bebek. Telur bebek akan menjadi kecil kalau bebek kurang makan atau makanan yang dikonsumsi tidak mencukupi.

  1. Penyakit Yang Dapat Menyerang Bebek

Bebek merupakan unggas yang kebal terhadap penyakit flu burung tetapi bebek juga dapat terserang berbagai penyakit. Adapun penyakit yang menyerang bebek :

  1. COCCIDOISIS. Bebek menjadi lemah, nafsu makan hilang, kotorannya encer dan kandang bercampur dengan darah. Hal ini merupakan tanda klinis dari penyakitt itu. Coccidiosis merupakan penyakit infeksi usus yang disebabkan oleh Protozoa.
  2. CORYZA. Ini adalah penyakit pilek atau flu yang dapat menyerang unggas. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Haemophillus Gallinarum yang menyerang saluran pernapasan.
  3. INFEKSI SALMONELLA. Tanda klinis penyakit yang disebabkkan oleh bakteri ini ialah bebek menjadi mencret dengan kotoran berwarna hijau atau keputih-putihan diikuti pula dengan keluarnya lendir mata dan hidungnya sehingga napasnya pun tersengal-sengal.
  4. LUMPUH. Penyebabnya adalah kekurangan vitamin A, tanda klinisnya cukup jelas yaitu kelumpuhan pada kakinya, selain itu sekeliling mata tampak mongering dan bebek tampak lesu seperti mengantuk, namun ada kalanya keluar air mata yang berlebihan.
  5. KOLERA. Penyakit ini mempunyai tiga tingkatan yaitu ganas, sedang, dan lemah.

BAB III

KESIMPULAN

Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan tentang beternak bebek ini penulis dapat menyimpulkan bahwa :

  1. Cara pemeliharaan bebek yaitu dengan cara membersihkan kandang bebek, memberi makan bebek 2 kali sehari, memandikan bebek, penyinaran bebek, dan cara pembuatan kandang dengan benar.
  2. Makanan bebek dibedakan menjadi 3 macam tetapi makanan umumnya , bekatul sebagai makanan pokok dan makanan tambahannya seperti padi, cacing, limbah pabrik dll.
  3. Bebek akan berhenti bertelur pada saat keadaan gaduh
  4. Penyakit yang dapat menyerang bebek dianrtaranya : Coccidiosis, Coryza, Infeksi Salmonella, Lumpuh, dan Kolera.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s